-->

Syeikh Ahmad Khatib Al-Sambasi (Lentera Khatulistiwa)

Nama lengkap beliau adalah Ahmad Khatib Sambas bin Abdul Ghaiffar. Beliau dilahirkan di kampung Dagang atau Kampung sambas, Kalimantan Barat (KALBAR) pada tahun 1217 H/1802 M. Setelah mendapatkan pendidikan agama di kampung halamannya, beliaupun pergi ke mekkah untuk menyantri kepada syeikh daud bin abdullah saat usia beliau masih menginjak 19 tahun untuk memperdalam ilmu agamanya dan beliau menetap di sana selama 21 tahun.
          Beliau  juga  berhasil mendapatkan kedudukan terhormat di antara teman-teman se-zamannya hingga akhirnya ajaran beliau sangat berpengaruh kuat hingga sampai ke Indonesia.
Menurut Naquib al-Attas, Khatib Sambas adalah seorang Syeikh Qadiriyyah dan Naqshabandiyyah. Beliau juga merupakan salah satu guru dari Syeikh Nawawi al-Bantani atau biasa dikenal dengan sebutan “Ayah kitab kuning Indonesia”, yang mahir dalam berbagai bidang keilmuan. Tidak hanya itu, beliau juga banyak melahirkan murid-murid yang menyebarkan syi’ar – syi’ar Islam di Indonesia dan Malaysia pada pertengahan abad ke-19.
          Masyarakat Jawa dan Madura, mengetahui ilmu Syeikh khatib Sambas melalui ajaran-ajarannya setelah beliau pulang dari Makkah. Dikatakan bahwa Syeikh khatib Sambas merupakan Ulama’ yang sangat berpengaruh, dan juga banyak melahirkan ulama’ – ulama’ terkenal dalam bidang fiqh dan tafsir, diantaranya Syeikh Abdul Karim Banten. Beliau lahir pada tahun 1840 di Lempuyang, satu daerah yang terletak di Tanara Jawa Barat.
                   Beliau berangkat ke Mekkah di usianya yang sangat Muda untuk menambah keilmuanya. Setelah beberapa tahun beliu menetap di kediaman Syeikh khatib Sambas. Kemudian Abdul karim Banten, menerima ijazah sebagai anggota tarekat Qadiriyyah Wa Naqsabandiyah dan di usianya yang masih muda beliau mendalami ajaran Syeikh khatib Sambas.                         Tugas pertama yang di perintah beliau adalah menjadi guru tarekat di Singapura. Pada Tahun 1872 beliau pulang ke Lempuyang selama tiga tahun. Abdul Karim terkenal sebagai Sulthan al-Syaikh, dan beliau sangat menentang keras kepada pasukan Belanda pada tahun 1888, kemudian meninggalkan Banten menuju Makkah untuk menggantikan Syeikh khatib As-Sambasi.
                   Semoga semua jasa beliau dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang seharusnya beliau dapatkan, yaitu surga.

*Disarikan dari beberapa sumber


0 Response to "Syeikh Ahmad Khatib Al-Sambasi (Lentera Khatulistiwa)"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel