-->

Pesona Gunung Pelangi di Negeri Tirai Bambu

         
Fenomena gunung pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang unik dan  luar biasa  mengingat gunung pada umumnya memiliki warna tanah yang coklat atau hitam . Jika pun berwarna, tentu dipengaruhi oleh adanya tumbuh-tumbuhan dan biasanya gunung akan memiliki warna yang didominasi oleh warna hijau sebagaimana umumnya warna daun, akan tetapi fenomena gunung pelangi ini terjadi di dataran Tiongkok China.                     
           Fenomana lanskap ini tepatnya ditemukan di sebelah tenggara dan barat daya China. Daerah ini adalah daerah pegunungan yang berwarna-warni indah,  merupakan bagian dari Taman Bentukan Geologis Zhangye Danxia. Pegunungan ini terletak di daerah Gansu, Tiongkok dan sudah dicatat oleh UNESCO dalam  daftar Warisan Dunia (World Heritage Site)  pada pertemuan ke-34 yang diadakan  di brasilia, ibukota Brasil, pada tanggal 1 Agustus  tahun 2010.
          Warna-warni Zhangye Danxia berasal dari berbagai mineral dan bebatuan yang terbentuk selama 24 juta tahun. Setiap warna berasal dari lapisan mineral yang berbeda, dan selama jutaan tahun saling melapisi satu sama lain, membentuk pola pelangi yang unik.
          Keunikan dari pegunungan Zhangye Danxia yang membuatnya sangat indah harus kita masukkan dalam daftar tempat wisata untuk dikunjungi. Sesuai dengan visualnya yang berwarna-warni, tempat ini disebut sebagai Rainbow Rocks.
          Menurut John Encarnacion, Ph.D, terbentuknya warna-warna yang berbeda itu berasal dari mineral yang berbeda. Warna merah tua muncul terutama karena mineral bajah besi yang berkarat. Bebatuan ini kaya akan mineral besi yang kemudian teroksidasi saat batu-batu itu terbentuk. Warna kuning muncul kemungkinan karena hanya sedikit kandungan mineral besinya dan lebih banyak pasir dan tanah liat. Warna abu kebiruan dan kehijauan berasal antara dari tanaman organik atau dari mineral yang disebut dengan glauconite yang ditemukan di daerah laut.
          Sebelum Danxia Landform ini terdengar luas di masyarakat, Danxia Landfrom pertama kali  diketahui melalui foto-foto yang beredar di dunia maya, banyak yang menganggap pola pelanginya merupakan hasil rekayasa komputer. Apalagi belakangan ini, banyak orang yang merilis video amatir seusai mengunjungi  Danxia Landform, kini tempat ini menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China yang menghasilkan pendapatan cukup tinggi bagi penduduk Zhangye.
The Zhangye Danxia landform juga dikenal sebagai eye candy dari Zhangye. Banyak seniman mengagumi karya ini laksana lukisan sempurna di atas kanvas.
          Yang tak kalah menakjubkan, belakangan fenomena ini dikaitkan dengan salah satu surat dalam Al-Quran, tepatnya dalam Surat Al Fathir [35] ayat 27 di mana Allah Subhanahu Wata’ala telah lama mengungkap rahasia adanya gunung yang berwarna-warni.
Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” [QS: Al Fathir [35]: 27]
          Al-Quran telah menjelaskan fenomena alam tersebut 14 abad yang lalu, bahkan sebelum para Sahabat Rasulullah datang dan berdakwah ke China. Hal ini menunjukkan bahwa al-Qur’an adalah salah satu bukti terpenting yang memungkinkan kita mengetahui keberadaan Allah.      
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (QS. Fushshilaat  [41]: 53).



0 Response to "Pesona Gunung Pelangi di Negeri Tirai Bambu"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel